Rabu, 23 Oktober 2013

5 DANAU TERDALAM DIDUNIA

1.  DANAU BAIKAL (RUSIA)
Danau ini dikenal sebagai "mata biru Siberia", terletak di selatan Siberia dekat perbatasan Rusia-Mongolia. Terkenal sebagai danau terdalam di dunia dengan kedalaman maksimum 1.642 meter (5.369 ft). Danau Baikal danau besar dengan eko-sistem besar di mana lebih dari 1.700 spesies flora dan fauna yang hidup; dua pertiga dari mereka hanya akan ditemukan di sini. Sepenuhnya dikelilingi oleh pegunungan terjal dan hutan lebat, danau ini memiliki usia diperkirakan 25-30 juta tahun, menjadikannya salah satu danau paling kuno dalam sejarah geologi.


2.  DANAU TANGANYIKA (KONGO)
Merupakan danau air tawar kedua terbesar dan terdalam kedua, dan merupakan danau terpanjang di dunia. Danau ini berada antara empat negara - Burundi, Republik Demokratik Kongo (DRC), Tanzania dan Zambia, dengan DRC (45%) dan Tanzania (41%).
Danau Tanganyika adalah danau air tawar terdalam di Afrika dan yang kedua di dunia dengan kedalaman maksimum 1470 meter (4.823 ft).

3.  DANAU KASZPIA (AZERBAIJAN, IRAN, KAZAKHTAN, RUSIA, TURKMENISTAN)
Terletak di selatan dari Federasi Rusia dan Iran utara, terletak di daerah yang diselimuti air terbesar di Bumi. Danau ini adalah danau dengan air asin endorheic (salinitas sekitar 1,2%) yang terkungkung di daratan karena pergeseran benua 5,5 juta tahun yang lalu. Danau ini adalah danau ketiga terdalam di dunia, dengan  kedalaman 1025 meter (3.363 ft).
Fauna di cekungan Kaspia sangat kaya: sejumlah besar sturgeon (sumber utama Kaviar), berbagai spesies langka salmon hanya dapat ditemukan di daerah ini.
Laut Kaspia sangat kaya akan sumber daya energi seperti minyak dan deposit gas, yang telah diolah sejak abad ke-10.

4.  DANAU NYASA (MALAWI, MOZAMBIEK, TANZANIA)
Danau Nyasa atau  Danau Malawi terletak di antara Malawi, Mozambik, dan Tanzania.
Danau ini memiliki kedalaman 706 meter dengan luas permukaan l danau sekitar 29.600 kilometer persegi. Danau ini memiliki garis pantai barat di Mozambik, Malawi timur, dan Tanzania selatan. Danau air tawar ini mengalir ke Sungai Shire, sebuah anak sungai yang mengalir ke Sungai Zambezi. Danau Malawi ini diperkirakan berumur setidaknya sekitar 40.000 tahun.

5.  DANAU IZZY-KUL (KYRGYZSTAN )

Memiliki area seluas 6.236 kilometer persegi. Terletak di ketinggian 1.607 meter (5.272 kaki), dengan kedalaman 668 meter (2.192 ft).
Sekitar 118 sungai  mengalir ke danau ini, yang terbesar adalah Djyrgalan dan Tyup. Danau yang airnya bersumber dari banyak mata air ini saat ini tercatat tidak memiliki jalur keluar ,akan tetapi beberapa hydrologists berhipotesis bahwa di bawah tanah air danau ini terfiltrasi ke Sungai Chu.
Dari seluruh data yang ada, dapat dipastikan bahwa Danau Baikal yang berada perbatasan Rusia-Mongolia merupakan danau terdalam yang ada di dunia dengan memiliki kedalaman maksimum 1.642 meter


Sumber Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar