Jumat, 09 Agustus 2013

10 LANSKAP GURUN TERINDAH DIDUNIA

1.  Valle de la Luna
Valle de la Luna terletak di Gurun Atacama, Chili. Lanskap dari gurun ini terbentuk karena terpaan angin dan banjir sejak berabad – abad yang lalu. Formasi bukit padir dan batu yang ada disini meniru pemukaan bulan. Oleh karena itu daerah ini diberi nama Valle de la Luna yang berarti “Lembah Bulan”. Ada satu hal lagi yang unik dari wilayah pasir berbatu ini, yaitu warnanya yang beraneka ragam hasil dari pemantulan sinar Matahari sehingga menghasilkan perubahan warna.

2.  Gurun Pinnacles
Gurun Pinnacles terletak di Taman Nasional Nambung, Australia Barat. Gurun ini jika dilihat lebih teliti lagi menyerupai jari jemari, aneh dan menyimpan mistik. Dengan pergerakan Matahari, batu – batu kapur tersebut terlihat lebih indah dengan bayangannya. Satu hal lagi yang membuatnya tambah indah yaitu dengan adanya bunga-bunga liar di sekitar gurun pada bulan Agustus – Oktober.

3.  McMurdo Dry Valleys
Dengan curah hujan tahunan yang hanya mencapai 200 mm (8 inci ) di sepanjang pantai dan bahkan kurang dari itu membuat Antartika sebgai gurun terbesar di dunia. Wilayah gurun yang paling ekstrim di Antartika adalan McMurdo Dry Valleys. Meskipun lembah ini terletak di benua yang tertutup oleh es, tetapi wilayah ini sama sekali belum terjamah oleh es selama ribuan tahun lamanya. Angin kencang meniup melalui padang pasir dengan kecepatan mencapai 310 mkm ( 200 mil ) per jam dengan kekuatan yang mampu menguapkan semua kelembaban. Maka dari itu, McMurdo Dry Valleys dianggap merupakan bagian Bumi yang paling mirip dengan Mars.

4.  Death Valleys
Death Valleys melintasi wilayah Nevada dan California, ini juga dianggap sebagai wilayah terkering dan terpanas di Amerika Utara. Death Valleys tercatat memiliki suhu setinggi 130 derajat. Hal yang unik dari tempat ini yakni fenomena batu – batu yang bergerak dengan sendirinya.

5.  Gurun Sinai
Terletak di sepanjang perbatasan antara Mesir dan Israel, Gurun Sinai adalah tujuan wisata utama karena sejarah agama dan keindahannya. Gurun terjal namun diselimuti oleh birunya langit menawarkan kepada pengunjung akan pemandangan yang spektakuler.

6.  Erg Chebbi
Erg Chebbi terletak di Gurun Sahara, Maroko. Bukit pasir menakjubkan setinggi 150 meter yang membuat kita merasa sangat kecil di dalam bayangannya itu. Untuk kalian yang mau mencoba menjelajahi bukit pasir ini, biasanya perjalanan dimulai dari desa Merzouga yang terletak di tepi bukit ini. Diantara dari semua jalur trekking, trekking untalah yang paling banyak dipilih meskipun cukup sulit untuk dilewati.

7.  Sossusvlei
Sossuvlei adalah sebuah gundukan tanah liat yang cukup tinggi dan terjal yang terdapat di Gurun Namib, Namibia. Bukit ini juga dialiri oleh sungai yang indah dan di saat Matahari terbit atau terbenam warna dari bukit Sossuvlei akan berubah warnanya dan memberikan kesempatan yang bagus bagi para Fotografer. Angin gurun yang kencang juga mengakibatkan landskap dan tekstur dari bukit berubah – ubah.

 8. Gurun Nazca
Gurun Nazca berada di tepi laut utara pasifik di atas dataran tinggi yang kering. Garis Nazca yang terkenal berlokasi diantara kota Nazca dan Palpa. Diciptakan sekitar tahun 200 SM-700 M. Figur-figurnya mulai dari berupa garis sederhana, menyerupai laba-laba, monyet, ikan, llama, dan manusia. Garis-garis ini diciptakan dalam skala yang sangat besar, sehingga baru pada tahun 1920-an garis ini terlihat saat penerbangan Lima-Equipa oleh Maskapai Penerbangan Peru. Iklim gurun Nazca yang kering, tak berangin, dan stabil membantu preservasi garis-garis ini.

9.  Wadi Rum
Lembah Wadi Rum memiliki banyak satwa liar dan formasi batuan yang luar biasa. Lembah ini terletak di Jordania. Para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam ini bisa menaiki unta ataupun kuda. Formasi batuan ini memiliki puncak tertinggi kedua di Jordania yaitu Jabal Rum.

10.  Salar de Uyuni
Terletak di pegunungan Andes, Bolivia, Salar de Uyuni adalah padang garam rata terbesar di dunia. Hamparan garam menciptakan pemandangan yang serba putih selama musim kering berlangsung, tetapi pada saat musim hujan daerah ini juga tak kalah menakjubkannya karena tertutup oleh air.


Source : http://www.langitberita.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar