Jumat, 20 Desember 2013

10 KOTA BAWAH TANAH YANG TERKENAL DIDUNIA

Kota-kota yang indah mempunyai ciri khas tertentu. Ciri khas ini biasanya menjadi landmark dari kota tersebut yang bisa berupa bangunan bersejarah. Memasuki kota-kota yang bersejarah seakan-akan kita diajak masuk ke jaman dimana sejarah tersebut diukir.
Kebanyakan kota terletak di permukaan atau di atas tanah. Namun, ternyata ada kota yang terletak di bawah tanah. Dan kota-kota tersebut menjadi tujuan wisata baik domestik maupun manca negara. Beberapa dari mereka dibuat untuk memerangi cuaca yang sulit sementara beberapa untuk bertahan hidup dari serangan nuklir selama perang dingin. Semua dari mereka adalah bagian dari sejarah masa lalu. Kota-kota bawah tanah sudah dibangun berabad-abad lamanya. Berikut 10 kota bawah tanah yang terkenal didunia seperti yang dilansir Bold Sky(21/06/2013).
1.    City of the Gods, Giza Plateau

      Salah satu keajaiban kuno dari dunia ini adalah Kota para Dewa adalah tontonan arsitektur terkemuka. Hal ini diyakini bahwa di bawah dataran tinggi Giza terdapat terusan besar terowongan dan ruangan. Meskipun peneliti berspekulasi banyak hal tentang tempat ini tapi misteri ini belum terpecahkan.
2.    Wieliczka Salt Mine, Polandia

      Tambang ini terletak di selatan Polandia. Dibangun pada abad ketiga belas. Tambang garam ini digunakan oleh Jerman untuk membangun amunisi selama Perang Dunia II. Ini terdiri dari danau bawah tanah. Lebih dari satu juta wisatawan mengunjungi tempat ini tiap tahun.
3.    Coober Pedy, Australia

      Tempat ini adalah rumah bagi lebih dari 1.600 orang. Coober Pedy juga dikenal sebagai ibukota opal karena merupakan produsen terbesar opal di Bumi. Rumah-rumah di sini disebut ‘dugouts’ yang dibangun untuk melawan panas yang tak tertahankan di permukaan.
4.    Beijing Underground City

      Kota bawah tanah ini adalah atraksi wisata besar. Kota ini dibangun selama perang dingin untuk bertahan hidup dari serangan nuklir. Ini adalah jaringan terowongan bawah tanah yang luas, membentang di radius 30 kilometer. Ini kota terowongan bawah tanah raksasa yang dibuka pada tahun 2000 untuk wisatawan.
5.    Setenil de las Bodegas, Spanyol

      Kota ini memiliki daya tarik yang luar biasa. Rumah-rumah dibangun langsung ke dinding batu dan tempat tinggal lebih dari 3.000 orang. Jika Anda adalah seorang musafir asli dan ingin mengunjungi tempat-tempat bersejarah, Anda pasti akan mencintai kota ini karena diukir di gunung-gunung.
6.   Moose Jaw, Saskatchewan

      Moose Jaw terletak di Saskatchewan, Kanada dan daya tarik wisata sepanjang tahun. Terowongan yang digali oleh pekerja Cina untuk memungkinkan para insinyur uap mengakses lebih mudah untuk pekerja pada malam-malam musim dingin. Tempat ini sangat dingin. Ada banyak mural diukir di terowongan.
7.   Portland, Oregon

      Juga disebut Terowongan Shanghai adalah sekelompok bagian berjalan di bawah Old Town(Chinatown) bawah ke bagian tengah pusat kota Portland, Oregon, Amerika Serikat. Terowongan ini juga dikenal sebagai Kota Terlarang, diyakini telah digunakan untuk kegiatan ilegal lainnya seperti prostitusi.
8.   Kish, Iran

      Kota bawah tanah ini tidak memiliki nama. Beberapa orang menyebut kota ini Misterius Kariz tetapi paling sering disebut kota bawah tanah Kish oleh wisatawan. Ini kota tua 2.500 tahun. Awalnya digunakan sebagai sistem pengelolaan air tapi sekarang telah direnovasi untuk mengubahnya menjadi tujuan wisata.
    9. Cappadocia, Turki

    Kota bawah tanah ini dikenal terdiri dari tujuh tingkat bawah tanah dengan lebih dari dua            puluh ribu penduduk. Tempat ini digali untuk kota bawah tanah terbesar di Turki dan                    merupakan salah satu dari beberapa kompleks bawah tanah yang ditemukan di                          Cappadocia
     10. Burlington, Kota Rahasia Inggris
    Kota ini dibangun di sebuah tambang batu kecil pada tahun 1950 untuk mengakomodasi pejabat pemerintah Inggris selama perang nuklir. Tempat ini menjadi rumah lebih dari 4.000 orang. Kota Rahasia Inggris di Burlington dioperasikan sampai tahun 1991 ketika Perang Dingin berakhir.


Sumber :  http://cauchymurtopo.wordpress.com/2013/07/10/10-kota-bawah-tanah-yang-menakjubkan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar