Senin, 16 Desember 2013

3 TAMBANG EMAS TERBESAR DIDUNIA

Berikut daftar 3 Tambang Emas Terbesar Didunia  yang dirangkum dari berbagai sumber

1. Kalgoorlie Super Pit Australia
Kalgoorlie Super Pit, pertama kali ditemukan emas di sini pada tahun 1893, lokasi pertambangan berupa kawah raksasa di Australia Barat. Pertambangan terbuka ini membentang sepanjang 3,5 km, lebar 1,5 km dan memiliki kedalaman 360 m.
Diperkirakan 2017 berhenti produktifitasnya. Rata-rata pertahun tambang ini menghasilkan emas sebanyak 750 ribu ons atau  21.262 kg. Tambang ini dioperasikan oleh Barrick Gold dan Newmont Mining.


2. Tambang Grasberg (Freeport) Indonesia

Sebagian besar para ahli menganggap Freeport-McMoRan Copper & Gold sebagai tambang terbesar di dunia. Tak hanya itu, tambang tembaganya pun menjadi nomor satu di dunia. Grasberg berlokasi di Papua, Indonesia.
Operasi open-pit di pertambangan tersebut dimulai pada 1990 dan perusahaan berharap operasinya dapat berlanjut hingga 2016. Hal tersebut karena pada akhir tahun lalu, lahan open-pit Garsberg baru saja mengalami pembenahan dan cadangan emas diatasnya diperkirakan mencapai 6,5 juta ounce.

Tambang tersebut ditargetkan menghasilkan 1,25 juta ounce emas tahun ini. Namun kemunduran produksi belakangan ini hanya mampu membuat Freeport menghasilkan 80% emas dari total estimasi. Tambang tersebut sempat ambruk pada 14 Mei 2013. Kecelakaan itu memaksa Freeport menghentikan operasinya dan produksinya masih belum dilanjutkan hingga 9 Juli lalu.
Meski begitu, masih banyak proyek perluasan yang sedang dikembangkan di wilayah energi mineral Grasberg. Menurut laporan tahunan perusahaan 2012, proyek tersebut termasuk pengembangan lahan berskala luas, tambang bawah tanah dengan bijih berkualitas tinggi.

3. Bingham Canyon Mine, USA
Bingham Canyon Mine di Utah, lubang pertambangan buatan terbesar di dunia.
Tambang raksasa ini berukuran seluas 4 km dengan kedalaman Km 1,2 ke dalam tanah, hasil ekstraksi dimulai pada 1863. Menghasilkan lebih dari 17 juta ton tembaga dan 715 ton emas.


sumber  :
http://www.mineweb.com/mineweb/content/en/mineweb-gold-analysis?oid=196343&sn=Detail
http://www.ibtimes.com/10-biggest-gold-mines-world-photos-553223
http://www.goldinvestingnews.com/investing-in-gold/top-10-gold-producers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar