Jumat, 29 Agustus 2014

PEDANG-PEDANG BERSEJARAH

Pedang merupakan salah satu peralatan perang yang paling dapat mencerminkan identitas pemiliknya di masa lalu. Pada jaman dahulu Pedang sebuah simbol kekuatan dan Kewibawaan seseorang. Diantara Tokoh-tokoh dunia kita ungkap 3 tokoh yang mempunyai Pedang yang merupakan identitas dan kewibawaan sang tokoh itu sendiri. Simak artikel Pedang-pedang Bersejarah berikut ini :
1. Pedang Tomoyuki Yamashita
Tomoyuki Yamashita dikenal sebagai sosok jenderal Angkatan Darat Kekaisaran Jepang yang dikenal memiliki pengaruh yang besar pada saat terjadinya Perang Dunia II. Yamashita dikenal sebagai orang yang berhasil menaklukan koloni Inggris yang ada di Malaya dan Singapura. Keberhasilannya tersebut membuatnya dijuluki sebagai “The Tiger of Malaya”. 

Sayangnya, sang jenderal harus meregang nyawa melalui hukuman mati yang dijatuhi padanya lantaran dituduh memiliki andil dalam sebuah kejahatan yang berkaitan dengan sebuah pembantaian di Manila, Filipina, serta beberapa kekejaman lainnya yang ada di Filipina dan Singapura.
Sang jenderal dikenal memiliki sebuah pedang samurai yang dilengkapi dengan besi pada bagian dalamnya. Samurai pribadinya tersebut dirancang khusus oleh seorang pembuat pedang ternama asal Jepang bernama Fujiwara Kanenaga. Kini pedang samurai tersebut telah menjadi bagian dari koleksi senjata-senjata militer di Museum West Point.
2. Pedang Napoleon
Pria asal Perancis ini berhasil menguasai bidang politik dan militer Perancis setelah adanya kudeta pada tahun 1799 silam. Setelah berhasil menguasai politik dan militer Perancis, pria bernama lengkap Napoleon Bonaparte ini diresmikan sebagai seorang kaisar oleh Senat Perancis pada tahun 1804. Sanyangnya, sang kaisar Perancis yang mampu membuat Perancis mencapai kesuksesan ini harus meninggal dengan cara yang tragis, yakni meninggal dalam penjara yang terletak di sebuah pulau bernama Pulau Saint Helena. Selama berlangsungnya perang, Napoleon dikenal sebagai sosok yang kerap membawa pistol dan pedang. Senjata-senjata yang ia gunakan tersebut dirancang khusus menggunakan bahan-bahan terbaik. Pedang milik Napoleon dibuat khusus dengan hiasan emas. Pada tahun 1978, pedang emas milik Napoleon tersebut dinyatakan sebagai salah satu harta nasional milik Perancis. Namun pada tahun 2007 silam, pedang milik Napoleon tersebut berhasil terjual dalam sebuah lelang dengan harga USD 6,4 juta.
3. Pedang Zulfiqar
Pedang Zulfiqar merupakan sebuah pedang milik seorang pemimpin islam bernama Sayidina Ali. Ali sendiri merupakan sepupu Nabi Muhammad SAW yang kemudian diamanahi sebagai seorang khalifah pada tahun 656-661 silam. Pedang Zulfiqar diberikan langsung oleh Nabi Muhammad SAW kepada Ali pada saat Perang Uhud berlangsung. Pedang Zulfiqar memiliki dua mata yang melambangkan jihad dan keberanian. Sayidina Ali sendiri dikenal sebagai seorang pendekar terbaik, terutama saat Perang Uhud berlangsung. Pedang Zulqifar dirancang khusus dari besi damaskus yang dikenal sebagai salah satu besi terbaik yang pernah ada. Selain digunakan dalam Perang Uhud, pedang Zulfiqar ini juga pernah digunakan oleh Ali dalam Perang Parit yang perjadi di Madinah. Pedang Zulfiqar merupakan salah satu bagian dari Al-Jafr. Al-Jafr sendiri merupakan dua buah kotak kulit yang berisi artefak terpenting dari zaman Nabi Muhammad SAW dan Sayidina Ali. Kini, pedang yang menjadi saksi bisu perjalanan umat islam di masa silam ini, masih tersimpan dengan rapi di tangan Imam Muhammad Al-Mahdi.

Sumner : http://segiempat.com/aneh-unik/sejarah/pedang-paling-terkenal-di-dunia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar