Kapal
induk yang sebagai pangkalan udara mengapung telah terbukti keunggulannya sejak
Perang Dunia II. Tiga dari 10 Kapal Induk Terbesar Didunia saat ini dioperasikan oleh tiga Angkatan Laut
Asia, dan Amerika Serikat tetap menjadi pemegang rekor yang memiliki kapal
induk terbesar di dunia.
10. HTMS
Chakri Naruebet, Thailand
HTMS Chakri Naruebet
|
HTMS
Chakri Naruebet Dibangun oleh perusahaan pembuat kapal Italia Izar (sekarang
Navantia) dan berfungsi sebagai kapal induk pengakomodasi pesat STOVL (lepas
landas dan mendarat pendek/vertikal-termasuk helikopter). Pertama kali
digunakan Thailand pada Maret 1997. Kapal dengan displacement penuh 11.486 ton
ini mengangkut 455 kru, termasuk 62 perwira dan 145 air wing. Dek
penerbangannya berdesain ski jump 12 derajat yang memungkinkan untuk
mengoperasikan pesawat Harrier.
Persenjataan utama adalah peluncur MBDA Sadral untuk rudal anti pesawat
Mistral. Sistem propulsinya adalah kombinasi diesel dan sistem gas, terdiri
dari dua turbin gas GE LM2500 dan dua mesin diesel Bazan - MTU 16V1163 TB83
yang menggerakkan lima bilah pada tiap poros. Kecepatan maksimumnya 26 knot
dengan jangkauan 10.000 mil laut (ditempuh dengan kecepatan 12 knot).
9. Giuseppe
Garibaldi (551), Italia
Giuseppe
Garibaldi displacement 13.370 ton. Kapal ini dibangun oleh perusahaan
Fincantieri Italia untuk Angkatan Laut Italia. Giuseppe Garibaldi ditugaskan ke
Angkatan Laut Italia pada bulan September 1985. Dapat mengakomodasi
pengoperasian helikopter dan pesawat STOVL. Helikopter sendiri disimpan di
hangar berukuran 2.500 m².
Kapal induk ini didukung oleh empat turbin gas FIAT-GE LM 2500 yang menggerakkan dua baling-baling. Kecepatan maksimumnya 30 knot dan kisaran jangkauan sejauh 7.000 mil laut.
Kapal induk ini didukung oleh empat turbin gas FIAT-GE LM 2500 yang menggerakkan dua baling-baling. Kecepatan maksimumnya 30 knot dan kisaran jangkauan sejauh 7.000 mil laut.
8. HMS
Illustrious (R06), Inggris
HMS
Illustrious ini menjadi satu-satunya kapal induk dari kelas Invincible. Displacement
22.000 ton, kapal ini melayani Angkatan Laut Inggris sebagai kapal komando
helikopter yang ditugaskan sejak Juni 1982.
HMS Illustrious dapat menampung helikopter seperti Merlin, Sea king, Lynx atau Apache dan Chinook. Utamanya saat ini digunakan untuk tugas pengawalan atau operasi kontra pembajakan. Kapal induk ini selanjutnya akan digantikan oleh HMS Elizabeth pada 2016 nanti.
Persenjataannya adalah senjata jarak dekat Goalkeeper CIWS dan GAM-B01 20mm. Pembangkit listriknya terdiri dari empat turbin gas Rolls-Royce Olympus TM3B dan delapan generator diesel Paxman Valenta. Kecepatan maksimum 30 knot dan jangkauannya sekitar 5.000 mil laut.
HMS Illustrious dapat menampung helikopter seperti Merlin, Sea king, Lynx atau Apache dan Chinook. Utamanya saat ini digunakan untuk tugas pengawalan atau operasi kontra pembajakan. Kapal induk ini selanjutnya akan digantikan oleh HMS Elizabeth pada 2016 nanti.
Persenjataannya adalah senjata jarak dekat Goalkeeper CIWS dan GAM-B01 20mm. Pembangkit listriknya terdiri dari empat turbin gas Rolls-Royce Olympus TM3B dan delapan generator diesel Paxman Valenta. Kecepatan maksimum 30 knot dan jangkauannya sekitar 5.000 mil laut.
7. INS
Viraat, India
INS
Viraat (R22) berasal dari Kelas Centaur yang saat ini dioperasikan oleh Angkatan
Laut India. Dan juga termasuk sebagai kapal induk tertua yang masih
dioperasikan. Awalnya dioperasikan oleh Angakatan Laut Inggris pada tahun 1959
dengan nama HMS Hermes, kemudian dijual ke India pada tahun 1986.
INS Viraat memiliki displacement 28.700 ton dan membawa hingga 30 pesawat dan helikopter, seperti Sea Harrier, Westland Sea King, HAL Chetak dan HAL Dhruv (helikopter HAL adalah buatan India). Total kru 1.350.
Meriam Bofors AA dan peluncur rudal permukaan ke udara "Barak" dilengkapkan pada kapal induk ini guna melindungi dari serangan udara dan permukaan. Sistem propulsi turbin uapnya memberikan kecepatan
INS Viraat memiliki displacement 28.700 ton dan membawa hingga 30 pesawat dan helikopter, seperti Sea Harrier, Westland Sea King, HAL Chetak dan HAL Dhruv (helikopter HAL adalah buatan India). Total kru 1.350.
Meriam Bofors AA dan peluncur rudal permukaan ke udara "Barak" dilengkapkan pada kapal induk ini guna melindungi dari serangan udara dan permukaan. Sistem propulsi turbin uapnya memberikan kecepatan
maksimum
hingga 28 knot.
6. Cavour
(550), Italia
Cavour
(550) dengan displacement 30.000 ton, memiliki dek penerbangan seluas 232.6m x
34.5m (2 hektar), yang dapat menampung pesawat sayap tetap seperti AV-8B
Harrier dan JSF serta helikopter EH101, AB212, NH 90 dan SH3D. Kapal membawa
1.292 kru, termasuk tentara.
Persenjataannya terdiri dari sistem pertahanan jarak dekat, senjata dan decoy launchers untuk mengatasi berbagai ancaman. Pembangkit listrik terdiri dari empat turbin gas 22MW AVIO/GE LM2500 yang memberikan kecepatan maksimum 29 knot.
Persenjataannya terdiri dari sistem pertahanan jarak dekat, senjata dan decoy launchers untuk mengatasi berbagai ancaman. Pembangkit listrik terdiri dari empat turbin gas 22MW AVIO/GE LM2500 yang memberikan kecepatan maksimum 29 knot.
5. São
Paulo (A12), Brasil
São
Paulo (A12) dengan displacement penuh 32.000 ton. Ini adalah kapal induk dari
Kelas Clemenceau yang saat ini dioperasikan oleh Angkatan Laut Brasil. Awalnya
kapal ini dioperasikan oleh Angkatan Laut Perancis pada tahun 1963 dengan nama
Foch (R99), kemudian dijual ke Brasil pada tahun 2000.
São Paulo membawa 1.920 kru, yang terdiri dari 1.338 kru dan 582 air wing. Dek penerbangannya dapat menampung 39 pesawat tempur, termasuk pesawat sayap tetap dan helikopter..
Persenjataannya terdiri dari sistem SACP Crotale EDIR, peluncur Simbad dan senjata laut untuk perlindungan dari ancaman dari permukaan dan udara. Keenam boilernya menghasilkan tenaga 126.000 tenaga kuda yang membuat São Paulo memiliki kecepatan penuh 32 knot, salah satu kapal induk tenaga konvensional yang tercepat yang saat ini dioperasikan Angkatan Laut dunia.
São Paulo membawa 1.920 kru, yang terdiri dari 1.338 kru dan 582 air wing. Dek penerbangannya dapat menampung 39 pesawat tempur, termasuk pesawat sayap tetap dan helikopter..
Persenjataannya terdiri dari sistem SACP Crotale EDIR, peluncur Simbad dan senjata laut untuk perlindungan dari ancaman dari permukaan dan udara. Keenam boilernya menghasilkan tenaga 126.000 tenaga kuda yang membuat São Paulo memiliki kecepatan penuh 32 knot, salah satu kapal induk tenaga konvensional yang tercepat yang saat ini dioperasikan Angkatan Laut dunia.
4. Charles
de Gaulle (R91), Perancis
Kapal induk
Charles de Gaulle (R91) merupakan kapal permukaan Perancis pertama yang
bertenaga nuklir, dan sebagai kapal perang terbesar di Eropa Barat. Kapal ini
juga menjadi satu-satunya kapal induk bertenaga nuklir yang dioperasikan di
luar Angkatan Laut Amerika Serikat.
Kapal ini dapat menampung 40 pesawat sayap tetap dan helikopter termasuk Rafale M, Super Etendard, E-2 Hawyeke, SA365 Dauphin, EC725 Caracal dan AS532 Cougar.
Kapal dengan displacement penuh 42.000 ton ini membawa 1.350 kru dan 600 air wing. Pembangkit listriknya terdiri dari dua reaktor air K15 yang memberikannya kecepatan maksimal hingga 27 knot.
Kapal ini dapat menampung 40 pesawat sayap tetap dan helikopter termasuk Rafale M, Super Etendard, E-2 Hawyeke, SA365 Dauphin, EC725 Caracal dan AS532 Cougar.
Kapal dengan displacement penuh 42.000 ton ini membawa 1.350 kru dan 600 air wing. Pembangkit listriknya terdiri dari dua reaktor air K15 yang memberikannya kecepatan maksimal hingga 27 knot.
3. Liaoning,
China
Liaoning
menjadi satu-satunya kapal induk yang dioperasikan Angkatan Laut Tentara
Pembebasan Rakyat China (PLAN). Awalnya dibangun oleh Uni Soviet sebagai kapal
berikutnya dari Kelas Admiral Kuznetsov, namun pembangunannya tidak pernah
rampung. Di Uni Soviet, Liaoning sebelumnya diberi nama Riga dan Varyag.
Chong Lot Travel Agency yang berbasis di Hongkong membeli Liaoning pada suatu lelang di tahun 1998 dengan ide mengkonversinya menjadi kasino terapung tetapi tidak pernah terealisasi. Kapal "yatim piatu" ini kemudian dipindahkan ke Ukraina setelah bubarnya Uni Soviet. Liaoning kemudian diakuisisi oleh China dan diselesaikan pembangunannya di galangan kapal Dalian, China, untuk selanjutnya melayani PLAN. Liaoning akhirnya resmi dioperasikan pada September 2012.
Kapal induk ini dipersenjatai dengan rudal HQ-10,1030 CIWS dan peluncur roket anti kapal selam (ASW). Displacement 59.000 ton (muatan penuh) dan didukung oleh propulsi turbin uap. Dek penerbangannya mampu menampung sekitar 50 pesawat, termasuk pesawat sayap tetap dan helikopter.
Chong Lot Travel Agency yang berbasis di Hongkong membeli Liaoning pada suatu lelang di tahun 1998 dengan ide mengkonversinya menjadi kasino terapung tetapi tidak pernah terealisasi. Kapal "yatim piatu" ini kemudian dipindahkan ke Ukraina setelah bubarnya Uni Soviet. Liaoning kemudian diakuisisi oleh China dan diselesaikan pembangunannya di galangan kapal Dalian, China, untuk selanjutnya melayani PLAN. Liaoning akhirnya resmi dioperasikan pada September 2012.
Kapal induk ini dipersenjatai dengan rudal HQ-10,1030 CIWS dan peluncur roket anti kapal selam (ASW). Displacement 59.000 ton (muatan penuh) dan didukung oleh propulsi turbin uap. Dek penerbangannya mampu menampung sekitar 50 pesawat, termasuk pesawat sayap tetap dan helikopter.
2. Admiral
Kuznetsov (Laksamana Kuznetsov), Federasi Rusia
Admiral
Kuznetsov adalah satu-satunya kapal induk yang dioperasikan Angkatan Laut
Rusia. Dibangun oleh galangan kapal Nikolayev South, Kuznetsov mendapatkan
peringkat sebagai kapal induk terbesar kedua di dunia. Memiliki displacement
58.500 ton hingga 67.500 ton. Luas dek penerbangannya yang 14.700m² (3,6
hektar), menjadikan Admiral Kuznetsov mampu menampung jet tempur Su-33, MiG-29K
dan Su-25UTG/UBP STOVL, serta helikopter Ka-27, Ka-27LD32 dan Ka-27PLO. Kapal
induk ini diawaki oleh 1.960 kru, 626 air wing dan 40 staf bendera.
Kapal induk Rusia ini didorong oleh sistem propulsi turbin uap yang memberikan kecepatan maksimum hingga 32 knot. Persenjataannya terdiri dari rudal jelajah anti-kapal P-700 Granit, AK-630 AA, dan CADS-N-1 Kashtan CIWS dan peluncur roket RBU-12000 UDAV-1 ASW.
Kapal induk Rusia ini didorong oleh sistem propulsi turbin uap yang memberikan kecepatan maksimum hingga 32 knot. Persenjataannya terdiri dari rudal jelajah anti-kapal P-700 Granit, AK-630 AA, dan CADS-N-1 Kashtan CIWS dan peluncur roket RBU-12000 UDAV-1 ASW.
1. Kelas
Nimitz, Amerika Serikat
Kapal
induk kelas Nimitz pertama dioperasikan pada Mei 1975, sedangkan kapal induk
dari Kelas Nimitz yang kesepuluh atau yang terakhir (10 jumlah total kapal
induk AS yang masih beroperasi), USS George HW Bush (CVN 77), baru dioperasikan
pada Januari 2009. Umur dari setiap kapal induk Kelas Nimitz adalah sekitar 50
tahun, dan hanya membutuhkan satu kali perbaikan di pertengahan hidupnya (25-30
tahun).
Kapal induk terbesar didunia ini memiliki displacement penuh 97.000 ton,panjang 332,8 meter dan luas dek penerbangan 4,5 hektar yang mampu mengakomodasi lebih dari 60 pesawat. Menampung 3.000 - 3.200 kru, 1.500 air wing dan 500 kru lainnya.
Kelas Nimitz menggunakan dua reaktor nuklir, kecepatan maksimum lebih dari 30 knot. Dipersenjatai dengan Rudal Sea Sparrow, Phalanx close-in weapon system (CIWS) dan Rolling Airframe Missiles (RAMs). Kapal-kapal induk kelas Nimitz selanjutnya akan digantikan oleh kapal induk Kelas Gerald R. Ford (CVN 78), dijadwalkan pada 2015 nanti.
Kapal induk terbesar didunia ini memiliki displacement penuh 97.000 ton,panjang 332,8 meter dan luas dek penerbangan 4,5 hektar yang mampu mengakomodasi lebih dari 60 pesawat. Menampung 3.000 - 3.200 kru, 1.500 air wing dan 500 kru lainnya.
Kelas Nimitz menggunakan dua reaktor nuklir, kecepatan maksimum lebih dari 30 knot. Dipersenjatai dengan Rudal Sea Sparrow, Phalanx close-in weapon system (CIWS) dan Rolling Airframe Missiles (RAMs). Kapal-kapal induk kelas Nimitz selanjutnya akan digantikan oleh kapal induk Kelas Gerald R. Ford (CVN 78), dijadwalkan pada 2015 nanti.
Source :
http://www.artileri.org/2013/10/10-kapal-induk-terbesar-di-dunia.html
http://itmiliter.blogspot.com/2014/04/10-kapal-induk-terbesar-di-dunia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar