Rabu, 14 Mei 2014

NEGARA DENGAN DURASI PUASA TERPENDEK DIDUNIA

Bulan suci Ramadhan telah tiba. Seluruh umat Islam di dunia mulai menjalankan ibadah puasa. Waktu puasa memang berbeda-beda pada masing-masing negara di dunia. Ada beberapa Negara Dengan Durasi Puasa Terpendek Didunia yang memiliki waktu berpuasa lebih panjang dari waktu puasa pada biasanya dan ada juga negara-negara yang memiliki waktu puasa jauh lebih pendek dibandingkan dengan negara-negara yang lainnya. Sementara untuk Indonesia sendiri memiliki durasi sekitar 13 jam 30 menit.
Secara umum lama waktu berpuasa di belahan bumi selatan memang jauh lebih pendek karena masuk musim dingin. Hal ini berbeda dengan bagian utara yang memasuki musim panas. Ingin tahu negara-negara mana sajakah yang memiliki waktu berpuasa lebih pendek, seperti dirangkum Sayangi.com dari berbagai sumber :

1.  Cile
Negara yang satu ini memiliki waktu puasa yang hanya 9 jam 12 menit. Mereka mengawali hari dengan berpuasa pada pukul 05.31 waktu setempat dan berbuka pada pukul 15.00 waktu setempat. Meskipun memiliki waktu yang terbilang singkat dalam berpuasa, namun dalam puasa kali ini kaum muslim di Cile akan berpuasa di tengah cuaca yang dingin dan juga kering. 


2.  Argentina
Negara pesepakbola legendaris Maradona ini masuk dalam daftar wilayah yang memiliki waktu puasa yang singkat, yakni 9 jam 37 menit saja. Meskipun populasi muslim di negara Argentina ini terbilang sedikit, yakni hanya 1,9 persen saja. Namun Argentina merupakan salah satu negara yang ramah dan menghormati warga muslim yang ada di negaranya. Jarang sekali terdengar di pemberitaan terjadi intimidasi terhadap warga muslim  di Argentina yang dilakukan oleh warga non muslim disana. Pada puasa kali ini kondisi atau keadaan muslim di Argentina tidak berbeda jauh dengan warga muslim di Chile, mereka akan melaksanakan ibadah berpuasa di tengah kondisi dingin.

3.  Kepulauan Komoro
Kepulauan Komoro ini menjadi salah satu negara jazirah Arab yang memiliki waktu berpuasa paling pendek, yakni 12 jam 31 menit. Meski cuaca terhitung dingin dan kering namun kondisi tersebut tidak pernah sampai mengganggu ibadah puasa di sana. 
Di kepulauan komoro memiliki tradisi yang tidak berbeda jauh dengan Indonesia. hal ini disebabkan mayoritas penduduk yang tinggal di kepulauan ini adalah muslim. Sebagai agama mayoritas pemerintah dan warga melangsungkan puasa pada waktu yang telah ditentukan otoritas dan sering disediakan menu berbuka gratis dari pemerintah untuk para warganya.(SIS)

Sumber :  http://www.sayangi.com/gayahidup1/read/24674/3-negara-dengan-durasi-berpuasa-terpendek-di-dunia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar