Kamis, 29 Mei 2014

MISTERI SITUS GUNUNG PADANG, CIANJUR


Situs ini berada di ketinggian 885 m dpl, di Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Di lokasi ini banyak berserakan batuan balok vulkanik yang berpusat di sebuah gunung, bahkan di area persawahan dan di sekitar rumah warga yang tak terhitung jumlahnya. Misteri Situs Gunung Padang, Cianjur sampai saat ini belum terungkap awal mula sejarahnya


Situs Gunung Padang atau dalam bahasa sunda Padang yang mempunyai arti Terang ini masih misteri, belum diketahui pasti bentuk awalnya. Para peneliti memperkirakan bentuk asli dari Gunung Padang ini menyerupai Piramida di Mesir dan melebihi besar dari Candi Borobudur. Situs yang diperkirakan ada sebelum Piramida Mesir dan juga situs terbesar se Asia Tenggara dari 5 teras. 

  1. Teras yang pertama disebut dengan pamuka lawang atau (Pembuka Pintu). Di tandai dengan ada dua buah batu yang berdiri posisinya seperti pintu, lokasinya berada paling bawah. 
  2. Teras kedua disebut dengan bukit masigit karena batuan-batuan yang terbentuk di teras tersebut menyerupai masjid. 
  3. Teras ketiga disebut dengan mahkota dunya atau Mahkota dunia. 
  4. Teras keempat ada yang menyebut tapak kujang, ada yang menyebut batu kanuragaan, ada yang menyebut batu kanuragan. 
  5. Sedangkan teras yang paling atas disebut dengan singgasana.
Dalam singkat cerita masyarakat sekitar. Gunung Padang ini merupakan upaya Prabu Siliwangi dalam membangun istana dalam semalam. Dibantu oleh pasukannya, ia berusaha mengumpulkan balok-balok batu yang hanya terdapat di daerah itu. Namun, malam rupanya lebih cepat berlalu. Di ufuk timur semburat fajar telah menggagalkan usaha kerasnya, maka derah itu kemudian ia tinggalkan. Batu-batunya ia biarkan berserakan di atas bukit.
Sampai hari ini arlkeolog peneliti masih melakukan tugasnya dalam meneliti batuan-batuan yang ada di Gunung Padang untuk mengetahui pasti kapan bangunan ini dibangun. Jika benar perkiraan para arkeolog, maka akan merubah peta peradaban dunia. Bahwa bangunan tertua di dunia ada di Indonesia.


Sumber :
http://wisata.javaindonesia.org


Tidak ada komentar:

Posting Komentar