Selasa, 03 Juni 2014

EKSOTISNYA GOA JEPANG DIBUKIT TINGGI

Berwisata ke Bukittinggi tidaklah lengkap apabila Anda belum melihat Eksotisnya Goa Jepang DiBukit Tinggi sebagai salah satu goa paling terkenal di Sumatra.
Secara geografis keberadaan Goa Jepang atau Lubang Jepang ini terletak di Bukit Sihanok Bukittinggi yang berada dalam kawasan objek wisata Taman Panorama Bukittinggi, Sumatera Barat.

Goa buatan ini berukuran sekitar 1,5 kilometer, namun demi keamanan saat ini hanya sepanjang 750 m saja yang diizinkan untuk dimasuki wisatawan. Tenang saja, dengan ukuran tersebut, Anda sudah akan puas melihat-lihat seisi goa dengan nuansa penjajahan masa lalu yang seolah dapat kita rasanya secara nyata.

Dengan rongga berbentuk setengah lingkaran dengan tinggi berkisar dua meter itu, kecuali beberapa rongga, membuat para pengunjung terpaksa membungkuk untuk melewatinya.
Meskipun istilah Goa memberikan kesan horor, namun Anda tetap akan merasa aman saat melangkah memasuki goa ini. Diameter lorong yang berukuran 3 hingga 4 m ini diterangi cahaya neon di tiap sisi. 
Hanya saja, meski sudah di semen dan diberikan puving block pada sebagian lantainya, bagian dinding tetap dipertahankan sebagaimana awalnya yaitu bertekstur sekat yang dahulu dimaksudkan sebagai peredam gema suara di dalam goa.
Kesan penjajahan semakin kuat jika Anda memperhatikan bekas guratan senjata yang menghiasi dindingnya.
Sebelum berhasil memijakkan kaki Anda di dalam goa, terlebih dulu Anda akan dibawa menuruni 132 anak tangga. Perlu waspada ekstra di sini sebab tangga tersebut cukup curam. Perkiraan kedalaman goa ini dari permukaan tanah adalah 40 m dengan panjang  dan lebar lorong sekitar 1470 m dan 2 m. Sebagaimana layaknya sebuah tempat perlindungan, Anda akan menemukan ruangan-ruangan seperti ruang penyimpanan amunisi, ruang sidang di posisi lebih dalam goa, ruang tahanan, ruang dapur dengan lubang pengintaian pada bagian atas serta sebuah lubang kecil tepat di bawahnya. Konon, sejarah mengungkap tempat ini dahulunya menyimpan mayat para tahanan yang mati karena siksaan di dalam penjara. Bagian ujung liang goa mengarah di Sungai Sianok.

Selanjutnya, Anda akan bertemu dengan ruang penyergapan di lorong utama. Sepanjang lorong, Anda dapat melihat empat lorong lain sebagai jalan keluar nantinya setelah Anda puas menjelajahi Goa Jepang.
Setibanya di ujung, Anda dihadapkan pada lorong barak militer. Terakhir, Anda tak boleh luput melintasi lorong ruang amunisi dan lorong dengan posisi menanjak sebagai jalan keluar Anda.

sumber :

http://www.gosumatra.com

Eksotisnya Goa Jepang DiBukit TinggiEksotisnya Goa Jepang DiBukit Tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar