Senin, 12 Mei 2014

7 STASIUN TERTUA DI INDONESIA

Di indonesia terdapat beberapa stasiun kereta api yang tua, seiring dengan perkembangan perkeretapian dijaman penjajahan Belanda. Disini kita rangkum 7 Stasiun Tertua di Indonesia. Simak ulasannya
1. Stasiun gudang Tambaksari Semarang (1864)
Stasiun ini dibangun pada tanggal 16 Juni 1864 yang diresmikan oleh Gubernur Jenderal Baron Sloet van de Beele. Untuk pengoperasian rute ini, pemerintah Belanda menunjuk Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), salah satu markas NIS yang sekarang dikenal sebagai Gedung Lawang Sewu. Dan tepatnya pada 10 Agustus 1867 sebuah kereta meluncur untuk pertama kalinya di stasiun ini.


Senin, 05 Mei 2014

10 TEMPAT UJI NUKLIR TERGANAS DIDUNIA

Tekhnologi Senjata pemusnah massal atau senjata nuklir makin merebak dinegara-negara adidaya. Dalam perkembangan selanjutnya, setelah era perang dingin selesai, negara-negara berkembang mulai meningkatkan teknologi nuklirnya. Bagi suatu wilayah yang dekat dengan lokasi Uji nuklir, Efek sangat mematikan akan terasa bagi penduduk sekitarnya. Simak kisah 10 Tempat Uji Nuklir Terganas Didunia bagi penduduk sekitarnya.

1. Nevada
Antara tahun 1951 - 1992, gurun Nevada, 107 km sebelah utara dari Las Vegas menjadi area uji coba nuklir paling sering di planet bumi. Di atas area gurun seluas 3500 km persegi inilah, lebih dari 800 ledakan nuklir terjadi - umumnya di dalam tanah.  Bahkan, kota judi Las Vegas dibangun oleh para mafia juga menjual daya tarik pemandangan ledakan nuklir bagi para wisatawan. Kebanyakan, foto dan film yang beredar tentang ledakan nuklir diambil dari gurun Nevada.  Belakangan, pemerintah Amerika Serikat memberi perhatian serius saat efek radiasi nuklir mulai menyebar. Tingkat kanker darah di sekitar wilayah Nevada menjadi dua kali lipat dibanding wilayah lain di AS. Pada tahun 2009, Nevada resmi dinyatakan tempat yang paling terkontaminasi radioaktif kedua di planet ini setelah Chernobyl.

Senin, 28 April 2014

ARTIS-ARTIS DUNIA YANG TERKENA PENYAKIT DIBETES

      Siapa sangka artis - artis ini terkena Diabetes pada waktu masih muda, tapi itulah kenyataannya. Walaupun sudah divonis terkena Diabetes, akan tetapi mereka tetap menjalani kehidupannya seperti biasa. Hal ini dikarenakan sampai saat ini, penyakit Diabetes belum ditemukan obatnya. Simak kisah Artis-artis Dunia yang Terkena Penyakit Diabetes 

1. Tom Hanks

      Siapa yang tidak mengenal aktor ternama Tom Hanks. Selain pernah mendapat Academy Awards 2 kali, Hanks kini aktif sebagai produser di serial televisi. Sayangnya, kesuksesannya tidak diimbangi dengan kesehatan.

Pria 57 tahun yang belum lama ini membintangi film Captain Philips (2013) dalam sebuah wawancara mengatakan ia menderita prediabetes dan kadar gulanya tak bisa dikontrol sejak usia 36, masih tergolong muda ya. Hingga saat ini, untuk memulihkan kondisinya, istrinya, aktris Rita Wilson, mengatakan kalau Hanks saat ini rutin olahraga dan diet yang sehat.

2.  Halle Bery

   Tidak ada yang menyangka, di balik tubuhnya yang ramping, aktris Halle Berry (47) menderita diabetes tipe 2. Menurutnya, ia didiagnosis diabetes pada 1989 (sekitar umur 22 tahun), setelah ia pingsan saat syuting acara TV. Awalnya ia didiagnosis dengan diabetes tipe 1 karena berat badan normal. Tapi kemudian beralih ke tipe 2 karena tubuhnya tak mampu menghasilkan insulin. Maka itu, Berry rajin olahraga dan diet sehat. 

3.  B.B King 

    Raja musik Blues, B.B King didiagnosis diabetes tipe 2 sekitar 34 tahun yang lalu. Di usianya sekarang yang sudah menginjak 88 tahun, ia mengaku selalu memeriksakan gula darah secara teratur serta diet yang sehat dengan membatasi gula dan makanan tinggi lemak.

4.  Larry King  


Pembawa acara televisi dan penyiar radio terkenal sejagat Amerika, Lawrence Harvey atau dikenal Larry King mengaku menderita diabetes tipe 2. Publik mengetahui kondisinya sejak 2006 lalu. 
   Saat itu, ia mengaku pada majalah Diabetes & You. Awal mula penyakitnya adalah ketika Larry mengalami serangan jantung pada tahun 1987 yang membuatnya berhenti merokok dan mengubah gaya hidupnya. Dan penyakitnya berlanjut ketika pada 1998, ia didiagnosis diabetes tipe 2. 
      
     5.  Randy Jackson 

    Juri American Idol, Randy jackson (57) juga mengaku menderita diabetes tipe 2 karena obesitas. Dengan beratnya dulu yang mencapai 350 kilogram, tingkat gula darahnya melonjak lebih 500, sungguh sangat luar biasa. Tak ingin penyakit ini menguasai dirinya, Randy setelah itu mulai berolahraga secara teratur dan mulai menjaga makanan sesuai petunjuk dokter pribadinya.

     Sumber dari : http://health.liputan6.com/read/2066608/daftar-artis-hollywood-dengan-diabetes-tipe-2?p=5#sthash.l7ilD3i2.dpuf
      


     


Rabu, 23 April 2014

BLEDUG KUWU : ANTARA FENOMENA ALAM, LEGENDA DAN MANFAATNYA


Lapindo adalah bencana alam yang terjadi dikarenakan kecerobohan manusia. Dan mungkin kita hanya tahu Lapindo cuma ada di Sidoarjo, padahal sebelum Lapindo sudah terlebih dahulu Lapindo Alam yang berada didaerah Grobogan, Jawa Tengah. Namanya Bledug Kuwu. 
Terletak di Desa Kuwu Kecamatan Kradeanan 28 km dari Kota Purwodadi Grobogan menuju ke Kota Blora Jawa tengah, Bledug Kuwu menyimpan legenda yang penuh misteri dan menyimpan kekayaan alam bagi warga sekitar.

Rabu, 16 April 2014

10 KAPAL INDUK TERBESAR DIDUNIA

Kapal induk yang sebagai pangkalan udara mengapung telah terbukti keunggulannya sejak Perang Dunia II. Tiga dari 10 Kapal Induk Terbesar Didunia saat ini dioperasikan oleh tiga Angkatan Laut Asia, dan Amerika Serikat tetap menjadi pemegang rekor yang memiliki kapal induk terbesar di dunia.

10. HTMS Chakri Naruebet, Thailand


HTMS Chakri Naruebet
HTMS Chakri Naruebet Dibangun oleh perusahaan pembuat kapal Italia Izar (sekarang Navantia) dan berfungsi sebagai kapal induk pengakomodasi pesat STOVL (lepas landas dan mendarat pendek/vertikal-termasuk helikopter). Pertama kali digunakan Thailand pada Maret 1997. Kapal dengan displacement penuh 11.486 ton ini mengangkut 455 kru, termasuk 62 perwira dan 145 air wing. Dek penerbangannya berdesain ski jump 12 derajat yang memungkinkan untuk mengoperasikan pesawat Harrier.
Persenjataan utama adalah peluncur MBDA Sadral untuk rudal anti pesawat Mistral. Sistem propulsinya adalah kombinasi diesel dan sistem gas, terdiri dari dua turbin gas GE LM2500 dan dua mesin diesel Bazan - MTU 16V1163 TB83 yang menggerakkan lima bilah pada tiap poros. Kecepatan maksimumnya 26 knot dengan jangkauan 10.000 mil laut (ditempuh dengan kecepatan 12 knot). 

9. Giuseppe Garibaldi (551), Italia

Giuseppe Garibaldi (551) berlayar di Samudera Atlantik, saat Latihan MAJESTIC EAGLE 2004
.
Giuseppe Garibaldi displacement 13.370 ton. Kapal ini dibangun oleh perusahaan Fincantieri Italia untuk Angkatan Laut Italia. Giuseppe Garibaldi ditugaskan ke Angkatan Laut Italia pada bulan September 1985. Dapat mengakomodasi pengoperasian helikopter dan pesawat STOVL. Helikopter sendiri disimpan di hangar berukuran 2.500 m².
Kapal induk ini didukung oleh empat turbin gas FIAT-GE LM 2500 yang menggerakkan dua baling-baling. Kecepatan maksimumnya 30 knot dan kisaran jangkauan sejauh 7.000 mil laut.

8. HMS Illustrious (R06), Inggris

HMS Illustrious Angkatan Laut Inggris. (Foto:Nicky Wilson/MOD)

HMS Illustrious ini menjadi satu-satunya kapal induk dari kelas Invincible. Displacement 22.000 ton, kapal ini melayani Angkatan Laut Inggris sebagai kapal komando helikopter yang ditugaskan sejak Juni 1982.
HMS Illustrious dapat menampung helikopter seperti Merlin, Sea king, Lynx atau Apache dan Chinook. Utamanya saat ini digunakan untuk tugas pengawalan atau operasi kontra pembajakan. Kapal induk ini selanjutnya akan digantikan oleh HMS Elizabeth pada 2016 nanti.
Persenjataannya adalah senjata jarak dekat Goalkeeper CIWS dan GAM-B01 20mm. Pembangkit listriknya terdiri dari empat turbin gas Rolls-Royce Olympus TM3B dan delapan generator diesel Paxman Valenta. Kecepatan maksimum 30 knot dan jangkauannya sekitar 5.000 mil laut.

7. INS Viraat, India

INS Viraat
INS Viraat (R22) berasal dari Kelas Centaur yang saat ini dioperasikan oleh Angkatan Laut India. Dan juga termasuk sebagai kapal induk tertua yang masih dioperasikan. Awalnya dioperasikan oleh Angakatan Laut Inggris pada tahun 1959 dengan nama HMS Hermes, kemudian dijual ke India pada tahun 1986.
INS Viraat memiliki displacement 28.700 ton dan membawa hingga 30 pesawat dan helikopter, seperti Sea Harrier, Westland Sea King, HAL Chetak dan HAL Dhruv (helikopter HAL adalah buatan India). Total kru 1.350.
Meriam Bofors AA dan peluncur rudal permukaan ke udara "Barak" dilengkapkan pada kapal induk ini guna melindungi dari serangan udara dan permukaan. Sistem propulsi turbin uapnya memberikan kecepatan
maksimum hingga 28 knot. 

6. Cavour (550), Italia

Cavour (Foto:Armando Mancini.)

Cavour (550) dengan displacement 30.000 ton, memiliki dek penerbangan seluas 232.6m x 34.5m (2 hektar), yang dapat menampung pesawat sayap tetap seperti AV-8B Harrier dan JSF serta helikopter EH101, AB212, NH 90 dan SH3D. Kapal membawa 1.292 kru, termasuk tentara.
Persenjataannya terdiri dari sistem pertahanan jarak dekat, senjata dan decoy launchers untuk mengatasi berbagai ancaman. Pembangkit listrik terdiri dari empat turbin gas 22MW AVIO/GE LM2500 yang memberikan kecepatan maksimum 29 knot.

5. São Paulo (A12), Brasil

Kapal induk Brasil Sao Paulo (depan), melewati kapal induk AS USS Ronald Reagan. (Foto: NetMarine)

São Paulo (A12) dengan displacement penuh 32.000 ton. Ini adalah kapal induk dari Kelas Clemenceau yang saat ini dioperasikan oleh Angkatan Laut Brasil. Awalnya kapal ini dioperasikan oleh Angkatan Laut Perancis pada tahun 1963 dengan nama Foch (R99), kemudian dijual ke Brasil pada tahun 2000.
São Paulo membawa 1.920 kru, yang terdiri dari 1.338 kru dan 582 air wing. Dek penerbangannya dapat menampung 39 pesawat tempur, termasuk pesawat sayap tetap dan helikopter..
Persenjataannya terdiri dari sistem SACP Crotale EDIR, peluncur Simbad dan senjata laut untuk perlindungan dari ancaman dari permukaan dan udara. Keenam boilernya menghasilkan tenaga 126.000 tenaga kuda yang membuat São Paulo memiliki kecepatan penuh 32 knot, salah satu kapal induk tenaga konvensional yang tercepat yang saat ini dioperasikan Angkatan Laut dunia.

4. Charles de Gaulle (R91), Perancis

Charles de Gaulle. (Foto: Julia A.Casper, US Navy)

Kapal induk Charles de Gaulle (R91) merupakan kapal permukaan Perancis pertama yang bertenaga nuklir, dan sebagai kapal perang terbesar di Eropa Barat. Kapal ini juga menjadi satu-satunya kapal induk bertenaga nuklir yang dioperasikan di luar Angkatan Laut Amerika Serikat.
Kapal ini dapat menampung 40 pesawat sayap tetap dan helikopter termasuk Rafale M, Super Etendard, E-2 Hawyeke, SA365 Dauphin, EC725 Caracal dan AS532 Cougar.
Kapal dengan displacement penuh 42.000 ton ini membawa 1.350 kru dan 600 air wing. Pembangkit listriknya terdiri dari dua reaktor air K15 yang memberikannya kecepatan maksimal hingga 27 knot.

3. Liaoning, China

Liaoning saat masih dalam tahap pembangunan kembali di China (Foto:U.S. Naval War College)

Liaoning menjadi satu-satunya kapal induk yang dioperasikan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN). Awalnya dibangun oleh Uni Soviet sebagai kapal berikutnya dari Kelas Admiral Kuznetsov, namun pembangunannya tidak pernah rampung. Di Uni Soviet, Liaoning sebelumnya diberi nama Riga dan Varyag.
Chong Lot Travel Agency yang berbasis di Hongkong membeli Liaoning pada suatu lelang di tahun 1998 dengan ide mengkonversinya menjadi kasino terapung tetapi tidak pernah terealisasi. Kapal "yatim piatu" ini kemudian dipindahkan ke Ukraina setelah bubarnya Uni Soviet. Liaoning kemudian diakuisisi oleh China dan diselesaikan pembangunannya di galangan kapal Dalian, China, untuk selanjutnya melayani PLAN. Liaoning akhirnya resmi dioperasikan pada September 2012.
Kapal induk ini dipersenjatai dengan rudal HQ-10,1030 CIWS dan peluncur roket anti kapal selam (ASW). Displacement 59.000 ton (muatan penuh) dan didukung oleh propulsi turbin uap. Dek penerbangannya mampu menampung sekitar 50 pesawat, termasuk pesawat sayap tetap dan helikopter.

2. Admiral Kuznetsov (Laksamana Kuznetsov), Federasi Rusia

Admiral Kuznetsov (Foto:US Department of Defence.)

Admiral Kuznetsov adalah satu-satunya kapal induk yang dioperasikan Angkatan Laut Rusia. Dibangun oleh galangan kapal Nikolayev South, Kuznetsov mendapatkan peringkat sebagai kapal induk terbesar kedua di dunia. Memiliki displacement 58.500 ton hingga 67.500 ton. Luas dek penerbangannya yang 14.700m² (3,6 hektar), menjadikan Admiral Kuznetsov mampu menampung jet tempur Su-33, MiG-29K dan Su-25UTG/UBP STOVL, serta helikopter Ka-27, Ka-27LD32 dan Ka-27PLO. Kapal induk ini diawaki oleh 1.960 kru, 626 air wing dan 40 staf bendera.
Kapal induk Rusia ini didorong oleh sistem propulsi turbin uap yang memberikan kecepatan maksimum hingga 32 knot. Persenjataannya terdiri dari rudal jelajah anti-kapal P-700 Granit, AK-630 AA, dan CADS-N-1 Kashtan CIWS dan peluncur roket RBU-12000 UDAV-1 ASW.
  
1. Kelas Nimitz, Amerika Serikat

Nimitz (Foto:Mate Airman Tina Lamb, US Navy)

Kapal induk kelas Nimitz pertama dioperasikan pada Mei 1975, sedangkan kapal induk dari Kelas Nimitz yang kesepuluh atau yang terakhir (10 jumlah total kapal induk AS yang masih beroperasi), USS George HW Bush (CVN 77), baru dioperasikan pada Januari 2009. Umur dari setiap kapal induk Kelas Nimitz adalah sekitar 50 tahun, dan hanya membutuhkan satu kali perbaikan di pertengahan hidupnya (25-30 tahun).
Kapal induk terbesar didunia ini memiliki displacement penuh 97.000 ton,panjang 332,8 meter dan luas dek penerbangan 4,5 hektar yang mampu mengakomodasi lebih dari 60 pesawat. Menampung 3.000 - 3.200 kru, 1.500 air wing dan 500 kru lainnya.
Kelas Nimitz menggunakan dua reaktor nuklir, kecepatan maksimum lebih dari 30 knot. Dipersenjatai dengan Rudal Sea Sparrow, Phalanx close-in weapon system (CIWS) dan Rolling Airframe Missiles (RAMs). Kapal-kapal induk kelas Nimitz selanjutnya akan digantikan oleh kapal induk Kelas Gerald R. Ford (CVN 78), dijadwalkan pada 2015 nanti.

Source :
http://www.artileri.org/2013/10/10-kapal-induk-terbesar-di-dunia.html

http://itmiliter.blogspot.com/2014/04/10-kapal-induk-terbesar-di-dunia.html

KOTA-KOTA TIDAK BERPENGHUNI DIDUNIA

Ribuan Kota-kota yang tersebar diseluruh dunia, ada beberapa kota yang menjadi kota mati karena ditinggalkan oleh penduduknya. Banyak sebab yang terjadi akibat kejadian tersebut, disini akan diuraikan kisah Kota-kota Tidak Berpenghuni Didunia dikarenakan berbagai sebab dan menjadi Kota Mati
1. Prypiat
Kota besar di daerah terasing di Ukraina Utara, merupakan daerah perumahan para pekerja kawasan nuklir Chernobyl. Kawasan ini mati sejak terjadinya bencana nuklir Chernobyl yang menelan korban hampir 50.000 jiwa. Setelah kejadian, lokasi ini praktis seperti sebuah museum, menjadi bagian dari sejarah Soviet. Bangunan apartement, kolam renang, rumah sakit, dan banyak bangunan yang lain hancur. Dan semua isi yang terdapat dalam bangunan tersebut dibiarkan ada di dalamnya, seperti arsip, TV, mainan anak-anak, barang berharga, pakaian dan lain-lain, ditinggalkan begitu saja tanpa ada yang berani mengambilnya. 

5 JALAN PALING ANGKER YANG SERING MEMINTA KURBAN

Entah benar atau tidaknya cerita masyarakat tentang keangkeran suatu jalan, tidak ada salahnya menyimak kisah mistis 5 Jalan Paling Angker Yang Sering Meminta Kurban di Indonesia berikut ini yang sudah dirangkum oleh Wow Menariknya.

5. Tanjakan Emen

Mungkin beberapa dari Anda pernah mendengar tentang cerita mistis Tanjakan Emen. Berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat, tanjakan ini sering jadi saksi beberapa kecelakaan kendaraan yang menimbulkan banyak korban jiwa.
Misalnya saja beberapa waktu lalu kecelakaan maut menimpa bus rombongan siswa SMA Al Huda Cangkareng yang menewaskan delapan penumpangnya. Kecelakaan itu tentunya bukan yang pertama kalinya, masih banyak kecelakaan lain yang terjadi di Tanjakan Emen.
Namun dibalik semua itu ternyata terdapat kisah mistis yang membuat Tanjakan Emen begitu terkenal dengan keangkerannya. Seorang supir pemberani bernama Emen selalu melintasi tanjakan ini pada malam hari. Hingga ia tewas saat mengangkut ikan asin dari Ciroyom Bandung menuju Subang akibat kecelakaan pada tahun 1964.

Emen tewas mengenaskan dengan cara tubuhnya terbakar hidup-hidup. Sejak kejadian itu warga mempercayai arwah Emen gentayangan dan selalu mengganggu pengendara yang melintasi daerah tersebut.
Beberapa kasus pernah dialami pengendara yang melintasi daerah angker itu seperti rem mendadak blong, bus tergelincir, kendaraan tiba-tiba mogok dan supir atau penumpang yang tiba-tiba kesurupan.


4. Terowongan Casablanca


Berlokasi di Kuningan, Jakarta Selatan, Terowongan Casablanca juga dikenal sebagai salah satu tempat atau jalan paling angker di Indonesia. Terowongan yang menghubungkan Jalan Casablanca dan Jalan Prof Dr Satrio itu konon dulunya adalah bekas kuburan massal.

Setiap memasuki tengah malam lokasi ini menjadi lokasi yang sangat menakutkan untuk dilewati. Beberapa kecelakaan kendaraan kerap terjadi di lokasi ini. Bahkan beberapa pengendara yang melintas pada malam hari pernah melihat sosok wanita yang berdiri di pinggir jalan.

Beberapa mitos yang berkembang, pengendara yang mengalami kecelakaan di Terowongan Casablanca diduga pengendara itu melihat sosok wanita yang tiba-tiba menyeberang di depan kendaraannya.

3. Jalanan di Alas Bonggan

Beberapa cerita menggambarkan Alas Bonggan sebagai kota gaib yang banyak dihuni makhluk halus. Jalan di sekitar kawasan Alas Bonggan juga terkenal dengan keangkerannya karena menyebabkan banyak pengendara tersesat tanpa disadari.

Pada tanggal 22 Juni 2013 lalu, peristiwa aneh terjadi menimpa bus Pahala Kencana dan dua truk di sekitar lokasi. Pada waktu itu ketiga kendaraan itu terjebak macet di jalur Rembang-Juwana-Pati.

Melihat ada truk di depannya berhenti, sopir bus mencoba untuk menyalip. Karena kondisi jalanan yang menanjak, kernet bus meminta sopi bus untuk membiarkan truk itu mendaki duluan. Dan setelah truk itu berhasil melalui tanjakan, sopir bus itu pun mencoba untuk melewati tanjakan.

Namun ketika sedang mendaki tiba-tiba mesin bus itu mati, sopir dan kernet memutuskan untuk turun dari bus. Alangkah terkejutnya mereka berdua ketika turun mereka sudah berada di tengah hutan yang dikelilingi oleh pohon jati.

2. Tikungan  Amoy

Tikungan ini seperti tikungan lain pada umumnya yang tidak menakutkan ketika siang hari. Namun sesudah azan Magrib, tikungan yang terletak di Desa Bandar Baru, Deli Serdang, Sumatera Utara ini mendadak jadi sangat mencekam.
Beberapa cerita berkembang menyebutkan bahwa saat malam hari di tikungan itu sering muncul sosok perempuan yang kerap mengganggu pengendara yang melintas. Namun beberapa kesaksian makhluk halus itu tidak mencelakai para pengendara.

Namun, makhluk halus itu sering menampakan diri dan konon ia yang membuat mesin kendaraan yang melintas tiba-tiba mati. Ketika sedang mogok, beberapa pengendara mengaku melihat sosok hantu dalam wujud menyeramkan masuk ke dalam mobilnya.
Dibalik keseraman tikungan itu, ternyata ada peristiwa yang mengenaskan. Pada tahun 1970, kendaraan yang dikemudikan gadis-gadis Tionghoa mengalami kecelakaan dan jatuh ke jurang. Beberapa penumpang tewas di lokasi kejadian kala itu.

Sejak saat itu warga menyebut tikungan ini dengan nama Tikungan Amoy karena mereka kerap melihat sosok gadis yang memakai baju China.

1. Jalur Pantura

Ketika musim mudik tiba saat lebaran, Jalur Pantura pasti bakalan ramai dilewati para pengendara. Saking ramainya, selalu ada kecelakaan yang terjadi di jalan ini. Penghubung Jawa Barat dan Jawa Tengah hingga ke Jawa Timur ini disebut sebagai jalur tengkorak.

Di sepanjang Jalan Pantura, yang paling terkenal dengan keangkerannya adalah di jalur Sibang hingga Ciasem. Para sopir yang melintasi jalur tersebut kerap melihat sosok wanita atau kuntilanak.

Beberapa warga mempercayai kuntilanak itu yang menyebabkan banyak terjadi kecelakaan. Kuntilanak itu sering berdiri di pinggir jalan sambil menatap tajam pengendara. Saking tajamnya tatapan kuntilanak itu membuat para pengemudi terhipnotis dan kehilangan kendali hingga akhirnya celaka.
http://wowmenariknya.blogspot.com/2014/07/5-jalan-paling-angker-di-indonesia.html